Apa Manfaat Jaringan Internet Bagi Bidang Pendidikan, Perdagangan, Pemerintahan, dan Kesehatan?

internet

Manfaat jaringan internet sangatlah banyak dalam berbagai bidang. Namun masih ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahuinya.

Persoalan:

Apakah kita perlu mengetahui manfaat dari jaringan internet? Apa saja sih kegunaan atau manfaat dari jaringan internet bagi bidang pendidikan, perdangan, pemerintahan, serta kesehatan?

Jawaban:

Tentu dengan perkembangan teknologi saat ini perlu kita tahu mengenai hal tersebut.
Oke langsung saja, pada uraian dibawah ini Jakwir TKJ akan menjelaskan manfaat jaringan internet diberbagai bidang antara lain sebagai berikut:

# Manfaat bagi bidang pendidikan:

  1. Mempermudah pencarian referensi serta mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari atau keyword tersebut.
  2. Menyediakan berbagai informasi berbentuk teks yang lebih banyak daripada buku. Bahkan melalui internet yang menyediakan fitur multimedia maka kita tidak hanya dapat membaca, melainkan kita dapat mendengarkan, menonton video maupun menonton tv secara online untuk proses pembelajaran kita dari berbagai sumber yang terpercaya.
  3. Menyediakan sumber informasi yang relatif murah. Seringkali orang membutuhkan informasi maka ia harus membeli buku yang harganya relatif mahal. Akan tetapi dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau majalah tersebut.
  4. Tidak dapat dipungkiri buku memang penting dalam proses belajar. Namun dengan internet kita dapat mendalami teori yang dipelajari dari buku dan juga dapat mencari informasi tambahan yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran.
  5. Melalui internet kita dapat belajar dengan saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, dan lain sebagainya. Banyak para ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu lembaga untuk bertanya segala sesuatu yang ingin dia tahu.

# Manfaat bagi bidang perdagangan

  1. Perdagangan secara elektronik (ecommerce) memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dalam memasarkan produknya melalui internet.
  2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi secara fisik sehingga mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk proses bisnisnya.
  3. Karena biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi dalam hal pemasaran produknya, maka harga barang dapat bersaing relatif lebih murah untuk meningkatkan permintaan dari pasar melalui persaingan media online.

# Manfaat bagi bidang pemerintahan

  1. Media internet dapat digunakan pejabat pemerintah untuk menerima aspirasi masyarakat secara efektif dan efisien melalui website khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
  2. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan. Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi yang baik tersebut melalui media internet.
  3. Melalui perantara jaringan internet maka antara pemerintah dan masyarakat dapat terjadi hubungan yang berkesinambungan dalam membangun sistem pemerintahan yang lebih baik.
  4. Pemerintah dapat mengenalkan program-program pemerintah secara transparan dan terbuka terhadap masyarakat melalui jaringan internet sehingga masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan saat ini.
  5. Melalui jaringan internet maka pemerintah dapat memanfaatkan untuk menambah investasi negara, salah satunya seperti dengan mengenalkan objek wisata untuk menarik banyak pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan dibuatnya profil mengenai keindahan alam tersebut.

# Manfaat bagi bidang kesehatan

  1. Memberikan informasi mengenai fitur Sistem Informasi Rumah sakit (SIR) secara luas sehingga memudahkan dalam pertukaran informasi antar rumah sakit.
  2. Memudahkan masyarakat dalam mengetahui berbagai macam informasi melalui jaringan internet mengenai penyakit dan cara pengobatannya serta pencegahannya.
  3. Terbantunya perawat dalam melakukan manajemen terhadap data pasien yang dapat digunakan dalam mengklasifikasikan pasien, catatan personal mengenai riwayat penyakit pasien serta laporan bertahap mengenai kondisi dari pasien yang dirawat.
  4. Terpenuhinya alat bantu dalam penerapan rekam medis berbasis komputer di bidang kesehatan.
  5. Terwujudnya pengembangan E-Health di Rumah Sakit yang dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program dalam membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapanpun dan dimanapun saat diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet.

Terimakasih telah mengunjungi situs Jakwir TKJ yang berisi informasi seputar dunia teknologi komputer, Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa LIKE Page Facebook kami untuk mendapatkan "Informasi Terbaru Mengenai Teknik Komputer dan Jaringan". Dan kami juga mengucapkan terimakasih jika Anda menyebarkan Informasi yang bermanfaat ini ke teman-teman atau kepada kerabat lainnya dengan mengklik tombol jejaring sosial media dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Manfaat Jaringan Internet Bagi Bidang Pendidikan, Perdagangan, Pemerintahan, dan Kesehatan?"

Post a Comment